Nama Planet Dalam Tata Surya, Lengkap Dengan Penjelasannya

Dalam sistem Tata surya, Matahari dikelilingi beberapa benda langit yang disebut dengan Planet-Planet, Tahukah kau ada berapa Planet yang mengelilingi Matahari?, dan apa saja Nama-nama Planet Tersebut?
Bumi yakni salah satu nama Planet yang ada dalam sistem Tata surya yaitu Matahari, alasannya yakni bumi termasuk benda langit yang berputar mengelilingi Matahari, dan selalu berada pada lintasan orbitnya.

Lalu, Apa bahwasanya yang dimaksud dengan Planet?

Planet yakni Setiap benda langit yang berapa pada suatu garis lintasan (Orbit) dan berputar mengelilingi suatu Benda langit yang memancarkan cahaya (Bintang).

Matahari termasuk salah satu bintang, dan menjadi sentra berkumpulnya benda-benda langit yang berputar mengelilinginya yang disebut dengan Tata surya.

Dalam sistem Tata surya, matahari dikelilingi oleh beberapa planet, waktu yang diperlukan suatu Planet untuk mengelilingi matahari disebut dengan 1 Tahun planet (Revolusi).

Selain berputar mengelilingi Matahari, Planet juga berputar pada porosnya yang disebut dengan Rotasi, menyerupai halnya dibumi, terjadinya siang dan malam alasannya yakni adanya putaran Bumi pada porosnya (Rotasi), dan waktu yang diperlukan dalam satu rotasi bumi yakni 24 jam.

8 Planet yang berada dalam sistem Tata surya

 Matahari dikelilingi beberapa benda langit yang disebut dengan Planet Nama Planet dalam Tata Surya, lengkap dengan penjelasannya
Nama-nama Planet di Tata Surya

Sejak Abad ke-20, Jumlah Planet yang termasuk dalam Tata Surya ada 9 (Sembilan) Planet, namun pada Abad ke-21 jumlah Planet menjadi hanya 8 (delapan), Pluto dikeluarkan dari daftar Planet tata surya, alasannya yakni berdasarkan para Astronom bahwa Pluto hanyalah benda langit yang berukuran kecil diantara ribuan benda serupa lainnya, dan berikut ini 8 nama Planet dalam sistem Tata surya dan berurutan mulai dari yang terdekat ke Matahari:

  • Merkurius.
  • Venus.
  • Bumi.
  • Mars.
  • Jupiter.
  • Saturnus.
  • Uranus.
  • Neptunus.

1. Merkurius
Merkurius yakni salah satu sari delapan planet yang ada dalam sistem tata surya dan sering dijuluki “Bintang Fajar“, dan letaknya berada paling akrab dengan Matahari, Jarak terjauh Merkurius ke Matahari sekitar 57 juta km.

Merkurius termasuk salah satu Planet terkecil dalam sistem Tata surya, ukuran diameter Planet ini yakni 4879,4 km.

Merkurius berputar mengelilingi matahari dengan kecepatan 47,87 km/detik, dan membutuhkan waktu Revolusi selama 87,969 hari untuk sanggup mengelilingi Matahari dalam satu kali putaran, dan biasa dibulatkan menjadi 88 Hari.

Seperti Planet lainnya, Merkurius juga berputar pada porosnya yang disebut dengan Rotasi, waktu yang diperlukan Merkurius untuk satu kali Rotasi sangat lama, yaitu 59 hari, alasannya yakni kecepatan Rotasi Merkurius hanya sekitar 10,892 km/jam, sedangkan dibumi hanya membutuhkan waktu 24 jam dalam satu kali Rotasi, ini berarti pergantian siang dan malam di Planet merkurius cukup lama.

Merkurius mempunyai suhu yang sangat ekstrim, suhu rata-rata di planet ini ketika malam hari sangat hirau taacuh mencapai -180⁰C, sedangkan ketika siang hari bermetamorfosis sangat panas mencapai 430⁰C, mungkin inilah alasan mengapa insan tidak sanggup tinggal disana.

2. Venus
Venus biasa dijuluki dengan sebutan “Bintang Kejora“, Planet ini merupakan Planet terdekat kedua dari Matahari, sehabis Merkurius, jaraknya sekitar 108,2 juta km.

Kondisi di Planet Venus hampir mempunyai kemiripan dengan di Bumi, Gaya Gravitasi, Material Alam, dan Ukuran yang hampir sama dengan Bumi, Venus mempunyai ukuran Diameter 12.092 km, sedikit lebih kecil dari ukuran bumi yang mempunyai Diameter 12.742 km.

Planet Venus berputar mengelilingi Matahari dengan Kecepatan 35,02 km/detik, dan membutuhkan waktu selama 224,7 Hari dalam satu kali Revolusi.

Seperti Planet lainnya, Venus juga berputar pada porosnya yang disebut dengan Rotasi, namun arah putaran rotasi Venus yakni searah jarum jam, berbeda dengan Planet lainnya yang berotasi berlawanan jarum jam, waktu yang diperlukan Venus untuk satu kali Rotasi sangat lama, yaitu 243 hari dengan kecepatan rotasi hanya sekitar 6,52 km/jam, sedangkan dibumi hanya membutuhkan waktu 24 jam dalam satu kali Rotasi, ini berarti pergantian siang dan malam di Planet Venus yakni yang paling usang diantara semua planet.

Planet Venus merupakan Planet yang mempunyai suhu terpanas dibanding Planet-Planet Lainnya, Suhu rata-rata dipermukaan Venus mencapai 462⁰C, dan suhu siang dan Malam hari di Planet Venus tidak terlalu berbeda, alasannya yakni Planet ini mempunyai Rotasi yang sangat lambat dan termasuk Planet Isotermal.

3. Bumi
Bumi sering dijuluki dengan “Planet Biru” dan merupakan Planet yang letaknya berada di urutan ketiga dari Matahari, Jarak bumi ke Matahari sekitar 149,6 juta km.

Bumi merupakan Planet terbesar ke-5, dari delapan Planet dalam Tata surya, ukuran diameter Bumi mencapai 12.742 km.

Waktu yang diperlukan Bumi untuk satu putaran mengelilingi Matahari yakni 365,2 Hari (1 Tahun), dengan kecepatan orbit sekitar 29,78 km/detik.

Bumi juga berputar pada porosnya yang menjadikan terjadinya siang dan malam, dan waktu yang diperlukan untuk satu rotasi bumi yakni 24 jam.

Bumi dilindungi oleh Lapisan Ozon yang menghalangi Panas Matahari dan radiasinya, sehingga Menjaga kelangsungan Makhluk yang hidup di Bumi, Suhu rata-rata di Bumi pada malam hari mencapai 15⁰C , dan 56,7⁰C pada Siang hari.

4. Mars
Mars atau yang biasa dijuluki “Planet Merah“, Planet ini berada di urutan keempat dari Matahari, dan letaknya sejauh 230 juta km dari Matahari.

Planet Mars termasuk Planet yang berukuran kecil, sedikit lebih besar dari Planet Merkurius, dan setengah dari ukuran Bumi, Diameter rata-rata Planet ini berkisar 6.779 km.

Waktu yang diperlukan Planet ini untuk mengelilingi Matahari lebih usang dari Planet Bumi, masa Revolusi Mars mencapai 686,971 Hari, dengan kecepatan rata-rata 24,077 km/detik.

Mars juga berputar pada porosnya yang biasa disebut dengan Rotasi Mars, dan waktu yang diperlukan untuk satu putaran rotasi Mars yakni 25,62 jam dengan kecepatan rotasi sekitar 868,22 km/jam.

Karena posisi Planet Mars yang semakin jauh dari Matahari, menjadikan suhu di Planet ini lebih hirau taacuh dari planet Bumi, suhu rata-rata di Mars berkisar antara -5⁰C hingga -87⁰C.

5. Jupiter
Jupiter, Urutan Planet dalam Tata surya selanjutnya di urutan kelima dari matahari, Jarak Planet Jupiter dari Matahari mencapai 778 juta km.

Jupiter yakni Planet terbesar dalam Tata Surya, Planet ini sering dijuluki sebagai “Planet Pembersih Tata Surya“, alasannya yakni ukurannya yang besar, dan berada di urutan Tata surya dalam, sehingga Planet ini paling sering dihantam meteor-meteor, ukuran diameter rata-rata Planet ini mencapai 142.984 km, 11 kali lebih besar dari diameter Bumi.

Jupiter membutuhkan waktu yang cukup usang untuk sekali putaran mengelilingi Matahari, dengan kecepatan orbit yang lebih lambat dari Planet lainnya yaitu 13,07 km/detik. Waktu Revolusi yang diperlukan Jupiter berkisar 4.332,59 Hari atau hampir 12 tahun lamanya.

Planet ini berputar pada porosnya dengan kecepatan rotasi rata-rata 12,6 km/detik, dan membutuhkan waktu hanya 10 jam (9,925 jam) untuk sekali putaran penuh, dan waktu rotasi jupiter termasuk yang tercepat diantara Planet-planet lainnya.

Semakin jauh jarak suatu Planet dari Matahari, menjadikan suhu di planet tersebut menjadi lebih dingin, begitu juga dengan Planet Jupiter yang mempunyai suhu rata-rata -130⁰C.

6. Saturnus
Saturnus, Planet yang berada di urutan ke enam susunan Planet-planet di Tata surya yakni Planet Saturnus, Terkenal dengan julukan “Planet bercincin“. Jarak dari Planet Saturnus dari Matahari sangatlah jauh, mencapai 1,4 miliar km.

Saturnus merupakan Planet terbesar kedua sehabis Jupiter, Planet ini mempunyai diameter mencapai 120.536 km.

Tentunya semakin jauh suatu planet dari titik orbitnya yaitu Matahari, maka semakin panjang lintasan yang dilaluinya untuk satu putaran mengelilingi Matahari, dan Kala Revolusi Saturnus butuh waktu selama 29,46 Tahun untuk sekali Revolusi, dengan kecepatan orbit rata-rata 9,69 km/detik.

Meski diameter Saturnus cukup besar, namun dengan kecepatan Rotasi yang mencapai 9,87 km/detik, maka Saturnus hanya membutuhkan waktu sekitar 10,2 jam saja, untuk sekali putaran penuh pada porosnya.

Suhu permukaan Planet Saturnus sangatlah dingin, dan mencapai -139⁰C hingga -189⁰C.

7. Uranus
Uranus, Planet yang letaknya berada di urutan ketujuh dalam sistem Tata surya yakni Planet Uranus, para ilmuwan biasa menjulukinya dengan “Raksasa Es“, dan jaraknya sangatlah jauh dari matahari, bahkan mencapai 3 miliar km.

Uranus juga merupakan Planet yang berukuran besar, dan merupakan Planet terbesar ketiga sehabis Jupiter dan Saturnus, dengan diameter mencapai 50.274 km.

Planet Uranus membutuhkan waktu yang sangat lama, untuk sekali putaran mengelilingi Matahari, dengan kecepatan orbit mencapai 6,81 km/detik, maka uranus membutuhkan waktu Revolusi selama 84 tahun.

Meski berukuran besar, Uranus hanya membutuhkan waktu selama 17 jam 14 menit atau sekitar 17,2 jam untuk melaksanakan satu kali putaran pada porosnya, dengan kecepatan rotasi rata-rata mencapai 2,59 km/detik.

Planet Uranus merupakan Planet dengan Suhu terdingin dibanding suhu Planet-planet lainnya, bahkan lebih hirau taacuh dari Planet terjauh Neptunus, suhu rata-rata di Uranus sanggup mencapai -216⁰C hingga -224⁰C.

8. Neptunus
Neptunus, Planet selanjutnya yang berada diurutan ke delapan dalam sistem tata surya, yakni Planet Neptunus, dan mempunyai jarak yang sangat jauh dari matahari yaitu mencapai 4,5 miliar km.

Planet Neptunus menduduki posisi keempat planet terbesar, dengan ukuran diameter mencapai 49.530 km.

Neptunus membutuhkan waktu selama 164,8 Tahun untuk sanggup mengelilingi Matahari, dengan kecepatan orbit rata-rata mencapai 5,43 km/detik.

Waktu yang diperlukan Neptunus untuk satu putaran pada porosnya mencapai 16,1 jam, dengan kecepatan rotasi mencapai 2,68 km/detik.

Planet Neptunus merupakan Planet dengan suhu permukaan terdingin kedua sehabis Uranus, suhu di Planet ini sanggup mencapai -201⁰C.

Semoga bermanfaat!

Berbagi ilmu pengetahuan umum